Minggu, 23 Desember 2018

Cara Mudah Merawat Kipas Angin AC, Terapkan Yuk!


Sebagai salah satu produk pendingin ruangan terbaru, kipas angin AC memang saat ini banyak yang meminatinya. Dengan beberapa kelebihan yang ditawarkan, kipas angin AC pastinya akan menjadi perangkat yang menarik untuk dimiliki. Kipas angin AC sendiri merupakan perangkat pendingin ruangan yang bekerja dengan memanfaatkan air dingin atau es yang ada pada tangki. Jadi dari air dingin atau es pada tangki ini, kipas angin AC akan memprosesnya dengan cara kondensasi atau mengubah air menjadi uap. Dari sinilah kemudian akan dihasilkan uap udara dingin untuk kemudian dihembuskan ke ruangan sekitar. Ketika ruangan sekitar telah terkena dampak hembusan uap air dari kipas angin AC maka udara di ruangan tersebut akan terasa lebih sejuk atau dingin. Beginilah mekanisme kejra kipas angin AC yang perlu kita ketahui. 

Tapi lebih dari itu ada hal penting yang perlu Anda ketahui saat memiliki kipas angin AC yakni cara merawatnya. Meski perawatan terhadap perangkat ini terbilang mudah karena dapat dilakukan tanpa bantuan orang lain, namun Anda harus benar-benar merawatnya dengan tepat. Nah berikut ini adalah beberapa cara muda untuk melakukan perawatan terhadap kipas angin AC dengan baik dan tepat.

1.    Jangan Ditaruh Dekat Logam atau Barang Elektronik
Pertama, cara mudah merawat kipas angin AC dengan baik dan tepat adalah dengan tidak menaruhnya dekat logam atau barang elektronik. Mengapa demikian? Sebab kipas angin AC yang menyeburkan uap udara yang lembab dan basah bisa membuat perangkat elektronik yang berada di dekatnya akan rusak. Sementara itu benda-benda yang bersifat logam bila terkena uap air dari kipas angin AC maka akan membuat barang tersebut berkarat. Maka karena adanya uap air dari kipas angin AC ini maka Anda harus menjauhkan perangkat ini dari barang elektronik dan berlogam ketika menyalakannya. 

2.    Jangan Dipakai Terus-menerus atau Non-Stop
Pemakaian kipas angin AC ini memang tidak bisa terus-menerus. Hal ini dikarenakan pada kipas angin AC terdapat es atau air dingin dibagian tangki. Nah keberadaan es atau air dingin dalam tangki inilah yang membuat kipas angin AC harus dibatasi dalam penggunaannya. Sebab, bila es atau air dingin dalam tangki habis atau kosong dan kipas angin AC terus dinyalakan, maka hal ini akan membuat kipas angin AC cepat rusak. Mengapa? Sebab saat es atau air dingin kosong dan kipas angin AC terus bekerja akan membuat mesin menjadi panas dan lama-lama menjadi rusak. Jadi bila Anda ingin membuat kipas angin AC ini tetap awet pastikan untuk selalu mengecek keberadaan es atau air dingin dalam tangki. 

3.    Bersihkan Sebulan Sekali
Berikutnya, cara mudah merawat kipas angin AC adalah dengan membersihkannya sebulan sekali. Cara membersihkan kipas angin yang efektif adalah dengan mencopot filter dan membersihkannya dengan air bersih tanpa sabun. Setelah membersihkan filter, Anda juga harus membersihkan bagian tangki juga tanpa sabun serta mengeringkannya jika sudah selesai. 

4.    Jangan Dipakai di Ruangan Tertutup
Hal paling penting yang satu ini juga tak boleh Anda lupakan dalam rangkan merawat kipas angin AC. Hal penting tersebut adalah tidak menggunakan kipas angin AC di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk. Mengapa demikian? Sebab penggunaan kipas angin AC di ruang dengan sirkulasi udara yang buruk bisa menimbulkan munculnya penyebab penyakit seperti bakteri, jamur, virus dan parasit. Kenapa bisa penyebab penyakit ini bisa muncul saat kipas angin AC dinyalakan di ruang tertutup yang sirkulasinya buruk? Sebab kipas angin AC seperti kita tahu mengeluarkan uap air yang bersifat lembab dan basah. Nah saat uap air yang keluar dari kipas angin AC ini terperangkap dan membuat ruangan menjadi lembab dan kemudian memunculkan beberapa sumber penyakit tersebut.
Demikianlah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat kipas angin AC. Nah Anda yang memang concern dengan perangkat yang awet maka beberapa cara dan tips di atas harus Anda terapkan dengan sungguh-sungguh. Dengan kemudahan perawatan kipas angin AC yang bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain maka Anda seharusnya tak menemui kesulitan atau kerumitan.

Share this

0 Comment to "Cara Mudah Merawat Kipas Angin AC, Terapkan Yuk!"

Posting Komentar